Pastikan Absensi PNS Hari Pertama Kerja, Wabup Sidak SKPD

Kamis, 21 Juni 2018


Pastikan Absensi PNS Hari Pertama Kerja, Wabup Sidak SKPD  

BANYUWANGI – Memastikan kehadiran seluruh PNS di hari kerja pertama setelah cuti panjang lebaran, Wakil Bupati Yusuf Widiyatmoko melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Diantaranya kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM- PD), Dinas PU Pengairan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pendidikan, Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang.

“Untuk memastikan tidak ada PNS yang absen di hari pertama kerja, kami bersama sekda sengaja melihat langsung ke sejumlah SKPD. Hasilnya, alhmadulilah tidak ada yang mbolos, nyaris 100 persen hadir. Hanya beberapa orang yang tidak masuk karena sakit dan ijin tertulis,” kata Wabup, Kamis (21/6).

Dikatakan Wabup, selain melihat absensi kehadiran, sidak yang dilakukannya tersebut juga silahturahmi dan memastikan semua pelayanan publik telah berjalan. Misalnya Dinas Pendidikan , Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendapatan sudah mulai aktif. “  “Sidak ini selain chek absensi, ini juga bentuk silahturahmi. Kami ingin memberikan semangat dengan mendatangi mereka satu persatu,” ujarnya.   Ini juga bagian dari kami untuk mengechek pelayanan sudah berjalan setelah libur panjang. Dan alhamdulilah tidak ada masalah semua dinas sudah bekerja seperti biasa. Kami cukup puas dengan PNS di Banyuwangi,” ujarnya.   

Sidak ini diawali di kantor DPM-PD. Disini Wabup langsung menuju ruang karyawan karyawati yang lokasinya di belakang. Meski sedikit kaget, karyawan DPM- PD pun langsung menyalami Wabup. Begitu juga karyawan yang di lain ruangan tampak langsung menghampiri Wabup dan berjabat tangan.

Dilanjutkan dengan mengunjungi kantor Dinas PU – Pengairan dan lain-lain. Disini wabup juga melakukan hal yang sama melihat seluruh ruangan mulai Kepala Dinas hingga masing-masing kepala bidang. Satu persatu semua SKPD dikunjungi Wabup bersama Sekda Djajat Sudrajat.  

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawian dan Diklat (BKD) Kabupaten Banyuwangi, Sih Wahyudi menambahkan, absensi hari pertama masuk kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi, hadir 99, 3 persen, dari total 2.556 PNS non fungsional guru/ tenaga kesehatan. “Jadi yang  hadir hari ini ada 2.538 PNS. Yang tidak hadir hanya 0,07 persen atau 18 PNS saja. Dengan alasan ijin, sakit, dinas luar dan tugas belajar,” ujarnya.   

Kalau melihat jumlahnya,imbuh Sih Wahyudi, presensi PNS di Banyuwangi cukup bagus. “Tidak ada PNS yang tidak hadir tanpa keterangan di hari pertama kerja ini. karena kami sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran tidak boleh ijin setelah cuti lebaran,” ujarnya,

Sekedar tahu, cuti bersama tahun ini berlangsung selama 7 hari yakni tanggal 11-14 dan 18-20 Juni. Ditambah libur reguler, Sabtu dan Minggu pada tanggal 16-17 Juni. Maka jika ditotal libur lebaran PNS sampai 10 hari. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :