Peduli Sampah, TP PKK RW 2 Welaran Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Kamis, 23 Februari 2012


 

BANYUWANGI – Sampah menjadi masalah utama yang serius jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Sadar akan kondisi tersebut, Agus Susanto, ketua RW 2 Lingkungan Welaran Utara Kelurahan Penganjuran kecamatan Banyuwangi merangkul Erna Kisnawati, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK RW 2 di lingkungannya untuk melakukan pelatihan praktek pengelolaan sampah rumah tangga, Jumat besok (24/2). Acara ini diikuti diikuti 75 orang peserta yang berasal dari unsur PKK kelurahan Panderejo, Sumber Rejo dan Kali Bagong, dan menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ipuk Fiestiandani.

Erna mengatakan selain mengelola sampah,  TP PKK RW 2 akan memperkenalkan lebih jauh tentang kegunaan tanaman obat keluarga (toga) yang ditanam di taman toga milik mereka. Taman yang dibangun diatas tanah bengkok kuburan tersebut memiliki kurang lebih 60 jenis toga. “Kami pun membudidayakan tanaman murbei yang juga berkhasiat obat,” tuturnya.

Khusus untuk tanaman murbei yang tergolong sebagai tanaman berkayu, Agus yang getol membantu TP PKK di wilayahnya,  sengaja membuatkan taman khusus yang dinamakan taman murbei yang ditanami 250 batang murbei. Murbei berkhasiat sebagai obat pereda demam, penurun tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes mellitus, memperbanyak air susu ibu (ASI), dll. Dirinya menunjukkan pentingnya tanaman murbei dengan cara membagi-bagikan bibit murbei secara gratis pada warga masyarakat sekitar.

Semua tanaman yang ditanam di taman-taman tersebut menggunakan pupuk kompos yang bahan bakunya dari sampah rumah tangga. Karena itulah pelatihan ini  sengaja dirangkai antara pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga  dan cara pemanfaatannya pada tanaman, khususnya tanaman toga. Acara dijadwalkan berlangsung pukul 08.00 WIB di Jalan Bengawan Gang Damai RT 03/RW 2 Lingkungan Welaran Kelurahan Penganjuran yang lokasinya di sebelah utara Stadion Diponegoro. (Humas&Protokol)

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :