Pererat Silaturrahim, Keluarga Besar Lanal Selenggarakan Jalan Sehat

Selasa, 3 April 2012


KALIPURO – Guna mempererat tali silaturrahim, keluarga  besar Lanal (Pangkalan Angkatan Laut) Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan jalan sehat  bersama, Selasa (3/3). Jalan sehat tersebut   diikuti oleh seluruh anggota Lanal beserta keluarganya dengan mengambil rute sekitar pangkalan TNI AL.  Dalam acara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga turut hadir untuk bertatap muka dan  berdialog dengan seluruh anggota Lanal.

 Bupati Anas dalam sambutan pembukanya  mengatakan pertemuan ini adalah moment untuk saling bersambung rasa dan saling menguatkan satu sama lain. Bupati ingin agar keluarga besar Lanal juga concern pada masa depan Banyuwangi. “Kita hidup di Banyuwangi, maka tidak ada pilihan lain kecuali membangun Banyuwangi bersama-sama,” tandas Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan problem yang dialami Banyuwangi, yaitu terkait aksessibilitas Banyuwangi dengan daerah lain yang terpisah cukup jauh. Dengan Kabupaten Jember dipisahkan  Gunung Kumitir dan dengan Kabupaten  Situbondo dipisahkan hutan Baluran. Kondisi itu, ujar Bupati, menjadi permasalahan infrastruktur yang cukup berat bagi Banyuwangi. Pengoptimalan pelabuhan di Pantai Boom merupakan sarana pemecah problem tersebut, disamping adanya bandar udara. Selain itu disparitas kewilayahan  antara Banyuwangi selatan yang cukup subur tanahnya  dan Banyuwangi utara yang selama ini dianggap kurang menjanjikan, akan segera diatasi  dengan menjadikan Banyuwangi utara sebagai kawasan industri.

Mengingat  akses TNI AL berkaitan erat dengan kawasan industri yang akan dibangun di wilayah Wongsorejo, dan pelabuhan di Pantai Boom, Bupati  meminta dukungan penuh dari TNI AL. “Saya mohon dukungan dari seluruh keluarga besar TNI AL untuk turut menjaga tingkat keamanan investasi dengan menjaga pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi,” pinta Bupati yang terus optimis memoles wajah Banyuwangi dengan motto ‘Noto Kutho Mbangun Deso’ ini.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal), Letkol Laut Muhammad Nazif menyatakan dukungan penuhnya bagi kebijakan Pemkab. “Pada prinsipnya, Lanal mendukung penuh semua kebijakan Pemkab,” tuturnya. Selama ini, imbuh Nazif, pihaknya turut mensukseskan pengentasan kemiskinan yang digagas Pemkab dengan melakukan kegiatan karya bakti untuk warga miskin berupa pemberian sembako  murah. Selain itu Lanal juga membantu razia – razia yang dilakukan Satpol PP. Dan terkait rencana kenaikan BBM, tutur  Nazif, sampai saat ini Lanal juga terus intensif melakukan operasi penegakan hukum di laut berupa patroli  laut dengan menggunakan kapal KRI KATON untuk memberantas kegiatan – kegiatan illegal di laut seperti penimbunan BBM di laut yang marak terjadi.

Acara semakin gayeng  dengan digelarnya  dialog interaktif, dimana bupati bisa berinteraksi langsung dengan para prajurit Lanal. Berbagai pertanyaan dilontarkan pada Bupati. Mulai dari keinginan anggota Lanal agar didirikan universitas negeri di Banyuwangi, perbaikan akses masuk Taman Makam Pahlawan (TMP) 0032 di dekat Pantai Boom, hingga permohonan pengadaan perahu karet untuk mempermudah patroli pada saat gelombang besar. Selain itu pembagian door prize berupa 1 buah sepeda motor dan 1 buah sepeda gowes makin menyemarakkan gelaran acara ini. (Humas & Protokol)

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :