Peringati HUT ke 57, Gerakan Pramuka Banyuwangi Panen Penghargaan

Rabu, 15 Agustus 2018


BANYUWANGI – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang  ke 57 gerakan pramuka Kabupaten Banyuwangi panen penghargaan, Rabu (15/8).  Tercatat puluhan anggota pramuka Banyuwangi yang menerima penghargaan baik dari kwartir nasional,  daerah maupun cabang. Penghargaan tersebut diberikan berkat pengabdian dan kerja keras para anggotanya.

Berbagai penghargaan yang diraih anggota gerakan pramuka Banyuwangi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi seluruh anggota gerakan pramuka Banyuwangi. Tak terkecuali bagi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko.

“Adalah hal yang sangat membanggakan sekali, banyak anggota pramuka kita yang mendapatkan berbagai penghargaan mulai dari kwartir nasional, daerah hingga cabang. Saya ucapkan selamat. Semoga ini semakin memacu semangat kakak-kakak dalam membina adik-adik kita,” ujar Yusuf yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Banyuwangi ini.

Dalam upacara yang dilangsungkan di Kantor Kwarcab Banyuwangi tersebut, Yusuf terus mengajak segenap anggota pramuka untuk menjadi warga negara yang terampil dan tangguh lewat pendidikan. “Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kecakapan hidup. Mari tempatkan diri jadi warga negara yang terampil, cakap dan mandiri. Kalian harus menjadi pribadi yang tangguh agar siap menghadapi masa depan,” tandas Yusuf.

Yusuf pun juga mengingatkan agar  anggota pramuka mampu mempertahankan keutuhan negara Republik Indonesia. “Pramuka sejak dulu terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Misalnya lewat kegiatan Jambore, Raimuna, dan Perkemahan Bakti berskala nasional. Semoga semangat persatuan dan kesatuan dapat tumbuh dan terpelihara. Dan jangan lupa tetap utamakan kepedulian antar sesama,” kata Yusuf.

Di akhir acara, Yusuf menyerahkan berbagai penghargaan yang diraih anggota pramuka Banyuwangi. Antara lain Lencana Melati yang diberikan oleh Kwartir Nasional kepada  Endang Wahyuningsih, Sri Andarwati, Bagus Swasono dan Kusno Abiwibowo. Lencana melati adalah lencana jasa yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam atau pun di luar gerakan pramuka yang dianggap telah berjasa bagi gerakan pramuka.

Lencana Pancawarsa Utama diberikan Kwarnas untuk Abdul Kadir Bachdar atas pengabdiannya kepada pramuka selama 50 tahun.

Lencana Dharma Bakti, diberikan pada 10 anggota pramuka Banyuwangi atas jerih payahnya yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, hak milik, dana dan fasilitas yang cukup besar yang sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Penghargaan di tingkat daerah juga diberikan kepada 62 orang lainnya. Penghargaan tersebut adalah Lencana Pancawarsa I hingga VII sesuai lamanya tingkat pengabdian mereka dalam pramuka. Selain itu, Gugus Depan (Gudep) SDN 4 Penganjuran juga dianugerahi penghargaan sebagai gudep terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur, dimana penyerahan penghargaannya telah dilakukan di Malang. (*)

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :