Ribuan Siswa SD Ikut Lomba Mewarnai Batik Khas Banyuwangi

Minggu, 25 Maret 2012


BANYUWANGI – Ribuan siswa sekolah dasar (SD) tampak serius dan bersemangat mengikuti lomba mewarnai, Minggu pagi (25/3).Lomba tersebut berlangsung mulai dari depan  Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria hingga ke arah selatan melewati Kantor  Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam). Menariknya, yang mereka warnai  bukanlah gambar biasa, melainkan motif batik khas Banyuwangi yang unik dari segi desain.

Plt Sekkab Banyuwangi, Slamet Karyono dalam sambutan pembukanya mengatakan, melalui lomba mewarnai batik khas Banyuwangi  ini, anak-anak belajar tentang bentuk dan ciri batik khas Banyuwangi yang sebelumnya tidak mereka kenal.Sehingga mereka bisa ikut memiliki budaya warisan leluhurnya demi kelestariannya di masa mendatang. Namun, ujar  Slamet, pengenalan dan penanaman batik khas Banyuwangi tidak cukup hanya melalui lomba seperti hari ini. Di sekolah-sekolah, guru harus intens mengenalkan batik khas Banyuwangi tersebut kepada anak didiknya. “Bahkan bila perlu, setiap bulan Desember di saat memperingati hari jadi Banyuwangi, para siswa juga dihimbau untuk memakai batik khas Banyuwangi selama berada di sekolah,” tutur Slamet. Tidak ada niat lain, imbuh Slamet, kecuali mempopulerkan batik khas Banyuwangi di daerahnya sendiri sebelum kita populerkan di daerah lain.

Sementara itu, Kepala Disperindagtam, Ir Hary Cahyo Purnomo,MSi mengatakan, hasil karya pemenang lomba mewarnai ini akan dijadikan sebagai bahan inspirasi bagi para desainer batik khas Banyuwangi  dalam berinovasi, termasuk dari segi peningkatan seni warna batik. “Kebetulan dari 30-an motif batik khas Banyuwangi, terpilih dua motif yang  diwarnai dalam lomba ini, yaitu kangkung setingkes dan sisik papak,” terang Hary.

 Lomba mewarnai motif batik khas Banyuwangi ini dilaksanakan bertepatan dengan moment car free day yang merupakan  moment  paling ditunggu  banyak komunitas untuk saling bertemu. Lomba kali ini juga dimeriahkan dengan pembagian berbagai door prize bagi para peserta.

 Perlu diketahui, lomba yang diselenggarakan Disperindagtam ini  terbagi atas lomba mewarnai motif  batik khas Banyuwangi untuk siswa SD, lomba desain batik khas Banyuwangi untuk pelajar dan umum, serta lomba desain kerajinan (cinderamata) khas Banyuwangi untuk pelajar dan umum. Untuk  lomba desain batik dan kerajinan khas Banyuwangi, peserta bisa mengirimkan karyanya ke kantor DISPERINDAGTAM Banyuwangi  mulai tanggal 5 Maret – 5 April 2012. Pemenang akan diumumkan melalui Gebyar Awarding Pemenang Lomba Desain Batik dan Kerajinan Khas Banyuwangi bersamaan dengan kegiatan Aktualisasi Kesenian Budaya Banyuwangi pada 28 April mendatang.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :