Prioritas Bangun Infrastruktur Desa di 2013

Kamis, 8 Maret 2012


BANYUWANGI – Pembangunan infrastruktur pedesaan akan menjadi fokus utama rencana pembangunan daerah Kabupaten Banyuwangi di tahun 2013 mendatang. Pembangunan tersebut diorientasikan sebagai upaya pemerataan dan pengurangan disparitas antar wilayah. Penengasan itu disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas saat memberikan arahan pada peserta Forum SKPD 2012, di Aula Rempeg Jogopati, Rabu (8/3)

Dijelaskan Bupati Anas, beberapa pembangunan infrastruktur di wilayah perkotaan dengan  tingkat urgensi tinggi telah selesai dilakukan. Seperti pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Pembangunan Gedung Pemkab yang juga segera digarap tahun ini. Selanjutnya, rencana kerja pembangunan daerah akan mengutamakan pembangunan infrastruktur di pedesaan. “ Kebijakan Pembangunan infrastruktur berskala besar telah kita ambil pada tahun-tahun awal, meskipun kebijakan tersebut tidak populis bagi sebagian masyarakat. Tahun depan kita berfokus pada pembangunan infrastruktur pedesaaan, “ tegas Bupati Anas.  

Guna merealisasikan rencana tersebut, Bupati meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) yang terkait, untuk meningkatkan koordinasi. “ Sejak sekarang harus mulai dirancang titik mana yang menjadi prioritas dan akan  dibangun secara bertahap,” ujarnya.

Selain pembangunan infrastruktur desa, Bupati juga terus menekankan agar  program untuk mengurangi penduduk miskin tetap dikawal oleh semua SKPD dengan porsinya masing-masing. Salah satunya Bupati meminta kepada Dinas Pendidikan untuk memantau program Siswa Asuh Sebaya (SAS) agar tepat sasaran. “ Dengan program ini jangan sampai  lagi ada anak yang tidak bisa sekolah karena tidak memiliki biaya,” pinta Bupati. Sementara di bidang kesehatan, Bupati meminta agar program dokter spesialis untuk puskesmas segera direalisasikan.

Forum SKPD yang menjadi ajang koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Banyuwangi itu melibatkan seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Plt Sekda Slamet Kariyono, seluruh asisten dan staf ahli. Di kesempatan itu, Bupati juga tidak bosan-bosannya berpesan agar semua jajaran Pemkab selalu meningkatkan kinerja dan inovasi. ”Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ajak Bupati.  (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :