Proteksi Kesehatan Masyarakat, Bupati Siap Angkat Tenaga Outsourcing Dokter Rakyat

Jumat, 10 Februari 2012


BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas, kembali membuat terobosan dan inovasi baru di bidang layanan kesehatan. Inovasi itu tersebut muncul pada saat menerima Direktur Utama (Dirut) PT Askes (persero) DR I Gede Subawa, Mkes, AAK yang berkunjung di ruang kerjanya (9/2). Pada kesempatan tersebut Bupati Anas menyampaikan rencana menanggulangi kesehatan warga miskin di Banyuwangi salah satunya dengan menyediakan dokter di desa-desa.Bupati juga merencanakan akan mengangkat tenaga- tenaga outsourcing dokter spesialis yang akan ditempatkan di desa-desa.

Gayun gpun bersambut, ide cemerlang Bupati Anas lansung direspon I Gede Subawa, dengan program yang telah disiapkannya. Bahkan, menurut Subawa, PT Askes dalam waktu dekat akan melakukan program revitalisasi Puskesmas dan dokter keluarga. “Saat ini kami tengah melaporkan kepada Gubernur Jatim untuk menjadikan Jawa Timur sebagai pilot project program revitalisasi puskesmas dan dokter keluarga,” tutur Subawa kepada Bupati Anas.

Mendangar paparan Subawa, Bupati Anas langsung merespon cepat dan menyatakan Banyuwangi siap menjadi pilot project program revitalisasi Puskesmas dan dokter keluarga. Kesiapan dan tawaran Bupati Anas untuk menjadikan Banyuwangi sebagai pilot project lokasi programnya, langsung disetujui Subawa. Selanjutnya, untuk menyukseskan program dokter keluarga itu Bupati Anas berjanji akan segera mengirim proposal. “Kalau perlu saya akan datang sendiri ke kantor Jakarta untuk menindaklanjuti program ini,” gurau Bupati.

Untuk ke dalam, tegas Bupati, pihaknya juga akan mengajukan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2012 kepada DPRD untuk mengangkat tenaga outsourcing dokter spesialis yang akan disiapkan di desa-desa. “Para dokter spesialis tersebut, nantinya akan kami kerahkan ke masyarakat guna memproteksi kesehatan masyarakat sejak dini. Karena kesehatan merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi,” tutur Bupati.

Sekedar diketahui, kedatangan Dirut PT Askes di atas sekaligus untuk meresmikan Kantor Askes Cabang Banyuwangi yang berada di Jalan Letkol Istiqlah, yang didampingi Bupati Anas dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). (Humas dan Protokol).

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :