Pulau Merah Siap Gelar Surfing Internasional

Jumat, 8 Maret 2013


BANYUWANGI – Selain G- Land (Plengkung), Banyuwangi ternyata masih memiliki pantai yang mempesona para pesurfer -baik pesurfer asing maupun domestik - untuk olahraga berselancar. Pantai tersebut, tidak lain adalah Pantai Pulau Merah, yang letaknya tidak jauh dari Pantai Plengkung. Pulau Merah juga memiliki ombak yang cukup menantang dan dianggap lebih aman dari Plengkung. Bedanya kalau Plengkung dipenuhi karang, di Pulau Merah lebih didominasi pasir yang putih.

Sekelumit gambaran inilah yang membuat  para pesurfer   mendatangi Kantor Pemkab, guna meminta restu Bupati terkait rencana lomba  surfing internasional di Pulau Merah.  Kepada Bupati, Ketua  Red Island Community (Komunitas Pulau Merah), Muswandi yang didampingi chief editor majalah surfing Magic Wave, Piping dan Agus Lee dari Blue Fin Surfing Factory, Bali menyatakan akan menggelar lomba surfing berskala internasional di Pulau Merah, bulan Mei mendatang. 

Disampaikan Muswandi, para pesurfer dari Bali memang  punya mimpi untuk mengembangkan potensi wisata di Pulau Merah. Apalagi Pulau Merah punya ombak yang cukup menantang untuk dijajal para peselancar. “Keunikan lainnya, kami melihat ada kemiripan suasana Pulau Merah dengan perpaduan tempat wisata Kuta, Legian, dan Seminyak. Pulau Merah menawarkan suasana yang lengkap. Mau ramai bisa, mau sepi juga bisa. Potensi Pulau Merah juga menjadi selera para turis dan itu cukup menjanjikan.”kata Piping.

Mendengar paparan para pesurfer, Bupati Abdullah Azwar Anas, tampak antusias dan apresiasif sekali. Bahkan Bupati meminta agar event tersebut benar-benar ditangani secara profesional dan diadakan dengan sungguh-sungguh. “Untuk masalah publikasi termasuk memfasilitasi konferensi pers yang rencananya akan dilangsungkan di 2 tempat, Bali dan Banyuwangi, pemkab akan siapkan. Begitu juga camp bagi para pesurfer selama lomba berlangsung,” kata Bupati.

Bupati juga berkeinginan kompetisi surfing  ini bisa dimasukkan di agenda Banyuwangi Festival. “Uji cobanya silahkan lewat lomba yang akan digelar Mei mendatang. Nanti pada bulan Oktober atau November, kita akan adakan lagi dalam  kemasan  Banyuwangi Festival dengan tajuk Banyuwangi International Surfing Competition,” janji Bupati.  (Humas & Protokol)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :