Puluhan Siswa Sekolah Penghafal Al-Qur’an Kunjungi Kantor Pemkab Banyuwangi

Rabu, 21 Maret 2018


BANYUWANGI – Puluhan anak usia sekolah dasar terlihat terpesona dengan kemegahan dan desain Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Rabu (21/3). Sambil berlarian di halaman kantor yang luas, mereka tak henti-hentinya berdecak kagum dan mendiskusikannya bersama kawan dan para guru pendamping.

 

“Bagus ya. Besar banget, kantor Pak Bupatinya,” celoteh polos Lutfi Dwi Yanti, siswi kelas 1 SD ini. Lutfi datang bersama 57 kawannya dan 11 guru pendamping. Mereka adalah anak-anak yang belajar di sekolah penghafal Al-Qur’an, SD NU Nurul Qur’an, Singojuruh, Banyuwangi.

 

Kepala Sekolah SD NU Nurul Qur’an, Danang Iksan Maulana mengatakan, kunjungan ini dimaksudkan agar anak-anak mengenal lebih dekat dimana pusat pemerintahannya berlangsung. “Mereka kan selama ini tahunya hanya Bupati Anas itu Bupati Banyuwangi. Tapi tidak tahu dimana beliau berkantor. Nah ini kesempatan bagus untuk mengenalkan pada mereka,” kata Danang.

 

Para siswa-siswi yang duduk di kelas 1-4 SD ini menyempatkan diri untuk melihat  Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi. Di sini mereka diajak mengakses touch screen yang memuat berbagai informasi tentang Banyuwangi. Mulai dari inovasi-inovasi Banyuwangi, selayang pandang pendopo Kabupaten Banyuwangi, event Banyuwangi Festival, website pemkab, dan berbagai informasi lainnya.

 

Mereka juga mengunjungi ruang rapat Rempeg Jogopati untuk dikenalkan dimana bupati memimpin rapat. Disini mereka juga sempat menunjukkan kepiawaiannya menghafal beberapa juz dalam Al-qur’an secara bergantian. SD NU Nurul Qur’an  memang menerapkan hafalan qur’an bagi siswanya secara rutin setiap hari. Rata-rata kelas 4 sudah hafal 3 – 4 juz. Sementara bagi lulusannya minimal mampu menghafal 6 juz.

 

Puas mengenal ruang rapat Rempeg Jogopati, anak-anak menghabiskan waktu di halaman dan areal kolam ikan. Tak hanya sekedar melihat dimana pusat pemerintahan berjalan, mereka juga belajar bagaimana penataan atau desain pemkab dibuat sehingga sedap dipandang mata.

 

“Terima kasih sudah diterima dan dikenalkan dengan kantor Pemkab Banyuwangi. Anak-anak puas dan senang. Hari ini semua dapat pengalaman baru disini,” pungkas Danang, yang kemudian melanjutkan perjalanan dengan membawa rombongan siswa berkunjung ke Kantor Polres Banyuwangi. (*)

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :