Ratusan Ribu Warga Banyuwangi Terima Bansos Sembako Rp600 Ribu  

Jumat, 4 Maret 2022


Banyuwangi – Sekitar 126 ribu masyarakat di Banyuwangi, Jawa Timur terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial program sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI. Sebanyak 60 ribu di antaranya, kini sudah menerima bansos sembako tersebut yang disalurkan langsung melalui Kantor Pos Banyuwangi.

Berbeda dari bantuan sebelumnya yang berupa paket sembako, bantuan kali ini diberikan langsung berupa uang tunai. Masing-masing penerima bantuan, mendapatkan uang tunai Rp 600 ribu.

“Ini untuk jatah 3 bulan, Januari – Maret. Jadi per bulan mereka diberikan Rp200 ribu, sehingga totalnya Rp600 ribu. Semoga bermanfaat untuk keseharian,” kata Trian Nugroho, Kepala Kantor Pos Banyuwangi, Jumat (4/3/2022).

Dijelaskannya, syarat untuk mengambil bantuan langsung tunai ini cukup membawa KTP dan kartu keluarga (KK). Masyarakat yang menerima, adalah mereka yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
Agar penyaluran bisa rampung sesuai target, dia mentargetkan per harinya bisa menyalurkan kepada sekitar 9 ribu orang. Apabila ada penerima yang terlambat mengambil bantuan dari jadwalnya, maka dapat diambil di kantor pos yang ada di seluruh Banyuwangi.

“Penyaluran kita lakukan secara bertahap. Kita punya 25 tim, masing-masing tim ada 4 sampai 5 petugas. Setiap harinya, kita targetkan 9 ribu orang penerima. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, Henik Setyorini menjelaskan bahwa uang tunai yang diberikan kepada KPM hendaknya dimanfaatkan untuk membeli bahan pangan kebutuhan sehari-hari. Seperti beras, telur, lauk pauk, buah-buahan, atau bumbu dapur lainnya.

“Masyarakat agar membelanjakan uang tersebut untuk membeli sembako guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tidak diperkenankan untuk beli kebutuhan sekunder atau kebutuhan di luar jenis sembako, seperti rokok atau beli lainnya yang sifatnya konsumtif. Namanya saja program bantuan sembako,” kata Henik.

Untuk pembelian sembako, lanjut dia, penerima bansos bisa belanja di e-warung atau warung terdekat di rumah. “Bisa juga di pasar rakyat terdekat, yang penting bahan sembako dan kebutuhan pangan harian,” kata Henik.  (*)
 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :