Ratusan Veteran Tebarkan Semangat Juang Di HUT LVRI Ke-55

Senin, 2 Januari 2012


BANYUWANGI – Meski usia tak lagi muda, ratusan veteran menunjukkan semangat juangnya yang tinggi ketika memekikkan “MERDEKA...MERDEKA...MERDEKA” dalam perayaan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (HUT LVRI), Senin (2/1) di Gedung Juang ’45.

Dalam acara yang bertemakan “Dengan Semangat Rela Berkorban Kita Bangun Bangsa Indonesia Berkarakter Ksatria” ini Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko yang membuka acara ini menyampaikan ucapan selamat ulang tahunnya kepada LVRI. “Hari ulang tahun merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah karena menandakan semakin matang dan dewasanya suatu organisasi. Jadikan momentum ini sebagai forum silaturrahim, sarana evaluasi dan introspeksi, dan jadikan sebagai motivasi dalam upaya mendorong semangat  para pengurus dan anggota LVRI agar mampu memberdayakan semua potensi SDM yang dimiliki,” ujar Wabup Yusuf.

Wabup juga menghimbau agar LVRI selalu memposisikan diri sebagi pengayom dan penyejuk dalam masyarakat, dimana semua aktifitas, gerak langkah dan ucapan diupayakan senantiasa berorientasi pada hal positif, sehingga mampu membangun dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadikan daerah ini sebagai wilayah tujuan investor.

Untuk kemajuan LVRI Wabup memberikan beberapa masukan, diantaranya agar pengurus dan anggota LVRI memanfaatkan momentum ini untuk mengevaluasi dan mengkonsolidasikan program-program kerja organisasi yang sinergi dan integratif antar pengurus, membina terus kemitraan dengan organisasi lain, memanfaatkan potensi pengurus dan anggota yang punya pengalaman berbeda untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka pelaksanaan pembangunan di Banyuwangi, serta meningkatkan pembinaan internal untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Ketua panitia acara ini juga menyampaikan, tema diatas sengaja diambil karena saat ini bangsa Indonesia telah kehilangan sosok pemimpin. Selain itu  budaya korupsi juga  semakin merajalela dimana-mana. Dirinya menyampaikan agar para veteran bisa menjadi contoh dan berguna bagi orang lain. “Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara padamu, tapi tanyakanlah pada dirimu apa yang telah engkau berikan untuk negara,” ujarnya mengingatkan segenap  hadirin pada rangkaian kalimat bijak. Di akhir sambutannya dia kembali mengingatkan, “Kita boleh semakin lama semakin tua, tapi semangat kita tetaplah harus terpelihara,”tambahnya.

Perlu diketahui, jumlah veteran di Banyuwangi saat ini mencapai 255 orang, dengan rincian 174 orang  veteran senior dan 54 orang veteran pembela. Veteran senior adalah pejuang yang berjuang sebelum, selama dan sesudah proklamasi 1945, sedangkan veteran pembela adalah pejuang yang berjuang sesudah kemerdekaan, misal berjuang dalam Trikora atau berjuang mempertahankan Timor Timur. Usia veteran senior telah mencapai 80-100 tahun, sedangkan veteran pembela mencapai usia 60-75 tahun. Sebanyak 114.050 veteran di Indonesia telah mendapatkan dana kehormatan untuk para veteran yang diberikan oleh pemerintah pusat. Saat ini tengah dipersiapkan pula dana bantuan untuk para janda veteran.

Pagi tadi, sebelum acara ini berlangsung, para veteran telah melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria untuk mendoakan para pahlawan yang telah tiada.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :