Ribuan Anak Muda Banyuwangi Berbusana Etnik Nusantara Ramaikan Karnaval Kemerdekaan

Selasa, 20 Agustus 2024


BANYUWANGI – Karnaval Merdeka yang digelar Pemkab Banyuwangi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79, berlangsung meriah, Selasa (20/8/2024). Ribuan penonton memadati rute sekitar 2,5 kilometer menyaksikan karnaval yang menampilkan kebhinnekaan Indonesia tersebut. 

Karnaval diikuti hampir 2000 pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Negeri dan swasta se-Banyuwangi yang mengenakan dan membawa atribut beraneka keragaman seni dan budaya Indonesia. 

“Karnavalnya bagus. Ini bisa menggugah anak-anak muda untuk mengenal Indonesia lebih jauh, betapa beragamnya Indonesia,' kata Astiyah, salah satu penonton.

Ribuan pelajar menampilkan keberagaman Indonesia melalui kostum, seni tari, dan teatrikal dalam parade karnaval. Ada yang mempresentasikan  adat Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Aceh, dan daerah di Nusantara lainnya.

"Karnaval Merdeka ini menjadi ajang untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan seluruh elemen di Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Menurut Ipuk, karnaval ini bukan sekadar perayaan tapi menjadi cara untuk terus menjaga kebhinekaan. Terlebih, Banyuwangi  juga merupakan daerah majemuk yang menjadi tempat tinggal masyarakat dari berbagai suku dan agama.

“Lewat karnaval ini kita kabarkan bahwa Banyuwangi adalah miniatur kebhinekaan. Dengan suku, budaya, dan agama yang beragam tidak membuat kita terpecah. Justru perbedaan itu menjadikan kita semakin kuat,” tegas Ipuk.

Karnaval diawali drumband diikuti barisan di belakangnya. Ada barisan pembawa bendera merah putih, diikuti barisan kontingen dengan kostum yang memvisualisasikan Indonesia. Ada pula sajian fragmen yang mengisahkan beragam tradisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Seperti Kontingen SMP I Kabat yang mengusung tema adat Jawa Tengah. Selain kostum, kontingen ini juga menyajikan ragam kuliner, tradisi, hingga kesenian asli Jawa Tengah. 

Disusul devile SMPN I Banyuwangi yang membawakan budaya Sulawesi. Mulai kostum, kesenian, hingga miniatur rumah adat tongkonan ikut ditampilkan. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :