RTSM PKH Terima Bantuan Program Pengentasan Kemiskinan

Jumat, 16 Desember 2011


KABAT – Rumah Tangga Sangat Miskin Program Keluarga Harapan ( RTSM PKH ) yang diwakili oleh para ibu, menerima bantuan dari pemkab Banyuwangi  yang ditujukan untuk membantu mengentaskan kemiskinan.  Penyerahan bantuan ini bertempat di Sekretariat UPPKH  (Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan)di  Kabat Mantren, Kamis (15/12).

“Menjadi orang miskin itu tidak enak. Pemerintah berupaya untuk membantu ibu-ibu, tujuannya supaya ibu-ibu bangkit untuk lepas dari kemiskinan,” ujar Ibu Dani Anas ketika membuka acara di depan para penerima bantuan. Lebih lanjut Ibu Dani mengatakan walau tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah ( memberi lebih baik daripada menerima,Red), namun karena keadaan yang tidak memungkinkan, mudah-mudahan bantuan ini bisa diterima sebagai rezeki dari Allah. Ibu Dani juga berpesan supaya bantuan yang meski jumlahnya tidak seberapa ini benar-benar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Perhatikan gizi anak, karena perjalanan anak –anak kita masih panjang. Manfaatkan untuk pendidikan dan kesehatan. Sisihkan sedikit untuk menabung, dan jangan digunakan untuk mencicil sepeda motor ya,Bu…” pesan Ibu Dani yang disambut derai tawa hadirin.

Menurut Iskandar Azis, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), penerima bantuan RTSM PKH di Banyuwangi mencapai 7789 RTSM. Sedangkan di Kabat ini baru sebagian kecilnya. “Usai penyerahan di Kabat, akan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan di Tambong, Pendarungan dan Kalirejo,” tuturnya. “Total penerima bantuan untuk 4 wilayah ini berjumlah 415 RTSM,” tambahnya lagi. Iskandar menjelaskan bahwa  bantuan PKH pada tahun ini hanya untuk 7 kecamatan. Tahun depan sedang diupayakan supaya penerima bantuan bertambah menjadi 8 kecamatan. Besaran dana yang diterima oleh tiap-tiap RTSM berkisar antara Rp 150 ribu – Rp 550 ribu, yang dicairkan sebanyak 4 kali dalam setahun. Jadi total yang akan diterima berkisar antara Rp 600 ribu – Rp 2 juta 200 ribu dalam 1 tahun. Sedangkan penyerahan bantuan  pada tiap-tiap RTSM  langsung dihandle oleh PT Pos Indonesia. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :