Selama Dua Hari, Wabup Yusuf Blusukan di Kalibaru Untuk Kunjungi Warga Miskin dan Mengecek Infstruktur Jalan

Jumat, 20 April 2018


BANYUWANGI –  Selama dua hari, Kamis sore – Jumat siang (19-20 April) Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko melakukan kunjungan kerja di wilayah Selatan Banyuwangi. Salah satunya, Wabup melihat dari dekat pelaksanaan program sosial dari pemkab, seperti Rantang Kasih dan Bedah Rumah.

Kunjungan ini diawali dengan meninjau pelaksanaan program Rantang Kasih, dengan sasaran Buami (60), warga Dusun Tegalpakis, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.  Saat tiba di sana, Wabup langsung masuk ke dalam rumah wanita tua sebatang kara ini. Tanpa rikuh Wabup duduk disebelah Buami dan menanyakan kondisi kesehatan Buami.

“Sehat mbah? Teng mriki kaleh sinten? “ tanya Wabup, saat menemui Buami, Kamis (19/4). Dengan senyum lebar, Buami menjawab sehat. “Alhamdulilah kulo sehat Pak. Saya terima kasih nggeh, sudah perhatikan warga. Apalagi sekarang ada yang ngantar makan setiap hari. Maturnuwun,” kata Buami. Usai dari situ, Wabup langsung menuju lokasi bedah rumah warga di Desa Kalibaru Wetan. Bedah rumah milik Mbah Suri (90) dibangun dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).

Dalam rangkaiannya, Wabup juga menggelar dialog bareng kepala di lingkup Kecamatan Glenmore dan kalibaru. Saat pertemuan Wabup mengingatkan agar para kades tersebut lebih terinci dalam melihat kebutuhan pembangunan di desanya. Selain itu, desa juga harus jeli memilah pembangunan mana yang bisa dimintakan ke pemkab atau dibiayai ADD.

“Jalan rusak sekarang tidak harus diaspal, jika memungkinkan bisa menggunakan paving. Kalau ada desa yang jalannya mau dipaving, silakan kontak Dinas PU  Bina Marga karena di PU menyediakan paving untuk desa. Biaya untuk pengerjaan bisa ditanggung bersama dari desa,” kata Yusuf.

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga mendengar aspirasi dari warga. Salah satunya datang dari Sanusi Efendi warga Kalibaru Wetan. Sanusi meminta kepada pemkab agar wisata di Kalibaru juga dikembangkan pemkab. “Kalau bisa Kalibaru jadi pusat kawasan wisata karena di sini sudah banyak hotel yang pengunjungnya banyak wisman. Selain itu, di sini banyak spot wisata alam yang siap dipoles lagi,” pinta Sanusi.

Di hari kedua, Jumat pagi Yusuf gowes bersama jajaran muspika. Sembari bersepeda, Wabup mengecek insfrastruktur jalan yang sudah dibangun pada tahun anggaran 2017 dan kondisi jalan yang akan dibangun pada tahun anggaran 2018.

Selain insfrastruktur jalan, Yusuf juga mengecek pelayanan di Puskesmas Kalibaru Kulon. Ketika di puskesmas Wabup, sempat melakukan dialog dengan warga yang tengah berobat di puskesmas. Salah satu yang ditanyakan Wabup terkait pelayanan dipuskesmas seperti apa dan sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat. “Sakit apa bu? Sudah dilayani apa belum? Tanya Wabup kepada salah satu warga. Warga pun dengan spontan menjawab kalau pelayanan cukup baik. Bahkan warga miskin tidak pernah dipungut biaya untuk berobat.

Usai di puskesmas, yang menjadi titik terakhir kunjungan Wabup adalah melihat pelayanan kesehatan di RS Bhakti Husana Krikilan. Di rumah sakit milik PTPN XII ini, wabup menyempatkan chek up kesehatan.  Wabup pun sempat berkeliling lingkungan rumah sakit . “Lingkungannnya sejuk dan bersih ya. Oksigennya juga banyak ini,” kelakar Wabup menyudahi kunjungannya di wilayah selatan. (*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :