Serahkan Bantuan Pendidikan, Bupati Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kualitas

Senin, 30 Januari 2012


BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas menyerahkan bantuan peningkatan kualifikasi akademik kepada mahasiswa UT (Universitas Terbuka) Jember yang berasal dari kalangan guru PAUD dan SD, di Pendopo Sabha Swagata, Senin (30/1). Bantuan tersebut berasal dari dana APBN 2011 yang diserahkan pada perwakilan dari 970 mahasiswa penerima. Masing-masing mahasiswa mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,5 juta untuk satu tahun.

Bupati meminta agar mahasiswa UT bisa menggunakan bantuan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan selama kuliah. “ Jika kualitas pendidikan selama kuliah bisa ditingkatkan, maka diharapkan juga akan meningkatkan kualitas mengajar bapak-ibu di kelas,”  ungkap Bupati. Dengan begitu, kata Bupati, maka program pemerintah pusat yang memberikan berbagai instrumen pendidikan bagi guru akan bermakna. “ Karena saat ini dengan fenomena semakin meningkatnya kesejahteraan guru, belum berbanding lurus dengan kualitas pendidikan bagi siswa,” tutur Bupati.

Sebagai kalangan intelektual, Bupati Anas  juga mengajak para mahasiswa untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab pada ruang lingkupnya masing-masing. “ Sudah saatnya kita berhenti mengeluh dan menyalahkan jika ingin maju, kerjakan saja apa yang menjadi tanggung jawab kita,” ajak Bupati. Tidak lupa, Bupati Anas juga menitipkan pesan kepada para mahasiswa yang juga para pendidik itu untuk ikut mendukung program pengentasan kemiskinan pemerintah dengan mensosialisasikan peningkatan gizi bagi balita.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh UT Jember, DR.  Hj. Suparti, M.Pd, menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Anas yang bersedia menghadiri acara tersebut. Menurut Suparti kehadiran UT adalah untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat hingga ke pelosok. “ Kami memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan namun terkendala jarak dan waktu,” kata Suparti. Menurutnya Banyuwangi merupakan penyumbang mahasiswa terbesar bagi UT Jember untuk itu ia meminta dukungan Bupati Anas agar UT Jember bisa terus berkembang terutama di Banyuwangi. (Humas dan Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :