Start dari Banyuwangi, Roadsos Motor Penyuluh KB Lintasi Jawa, Beri Layanan KB dan Cegah Stunting

Senin, 19 Agustus 2024


Banyuwangi - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 dan HUT Ikatan Penyuluhan Keluarga Berencana (IPeKB) ke-17, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan kegiatan Roadsos Motor Penyuluh KB di 5 Provinsi di Pulau Jawa. Lima provinsi itu di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. 

Di Jawa Timur, start diawali dari Banyuwangi. Ditandai dengan pemberangkatan penyuluh KB oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati, di halaman Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB), Senin (19/8/2024).

Kepala Dinsos PPKB, Henik Setyorini mengatakan roadshow dilakukan secara estafet melintasi 13 Kabupaten di 5 provinsi di Pulau Jawa. Dari timur dimulai dari Banyuwangi, sementara dari barat di Ujung Kulon, Banten. 

"Setiap perpindahan kota nanti ada seremonial penyerahan bendera pataka. Hingga titik akhir nanti berada di Waduk Sermo, Kulon Progo, Yogyakarta pada 23 Agustus nanti," kata Henik.

Henik menjelaskan roadsos ini membawa misi penguatan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. Sementara alasan penggunaan armada kendaraan bermotor ini juga menjadi edukasi dan bukti bahwa BKKBN hadir menjangkau masyarakat. 

Di Banyuwangi, lanjut Henik, total ada 30 petugas PLKB bermotor yang bergerilya menjangkau 100 keluarga stunting serta memberikan layanan KB kepada ribuan masyarakat. Selain memberi layanan, para petugas juga membagikan bahan pangan anti stunting berupa sembako dan asupan protein lainnya.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terus konsisten dan dimasifkan. Sehingga semakin banyak masyarakat terpapar isu Bangga Kencana dan angka stunting dapat ditekan," jelasnya. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :