Tiga Menteri Dijadwalkan Saksikan Langsung Banyuwangi Ethno Carnival

Jumat, 12 Juli 2024


BANYUWANGI – Tiga menteri dijadwalkan menyaksikan langsung parade kolosal Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 di Banyuwangi, Sabtu (13/7/2024). 

Tiga menteri tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno; Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas.

“Untuk menteri yang sudah mengkonfirmasi hadir ada tiga yakni, Menparekraf, Menteri PUPR dan Menpan RB. Kami masih memastikan kehadiran sejumlah undangan lainnya,” kata Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono. 

Di sela pelaksanaan BEC, Menparekraf juga akan menyerahkan sertifikat Karisma Event Nusantara (KEN) kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

KEN merupakan program Kemenparekraf dalam mendukung dan mengembangkan event-event daerah bertaraf nasional. Selain BEC, event Banyuwangi Festival lainnya yakni Gandrung Sewu telah masuk KEN sejak 2022.

Selain nonton BEC, Menparekraf juga dijadwalkan melakukan penilaian Anugerah Desa Wisata di Desa Adat Osing Kemiren. 

Desa Kemiren menjadi satu dari empat perwakilan desa wisata dari Jawa Timur yang lolos ke babak akhir ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). ADWI digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diikuti oleh 6.016 desa wisata se-Indonesia.

“Sementara Pak Menteri PUPR direncanakan akan meninjau revitalisasi Pasar Banyuwangi dan kawasan heritage asrama Inggrisan," kata Mujiono. 

Revitalisasi Pasar Banyuwangi dibangun menggunakan anggaran Kementerian PUPR dengan anggaran total sekitar Rp. 200 miliar. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :