Tingkatkan SDM Berkualitas, Bupati Gandeng Unibraw

Kamis, 23 Februari 2012


MALANG – Keprihatinan atas resources problem yang dialami negeri ini pada kurun waktu terakhir , menjadikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tergerak melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi, sebut saja Universitas Jember (Unej) dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Tepat, Rabu (22/2) Bupati Anas menindaklanjuti gagasan Unibraw yang ingin kerja sama pemkab Banyuwangi dengan meneken MoU (Memorandum of Understanding) dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan SDM), dengan Rektor Unibraw, Prof.Dr. Ir. Yogi Sugito, di Kampus Unibraw. Dalam MoU di atas tertuang berbagai program yang bisa menguntungkan masyarakat Banyuwangi. Baik dari segi pendidikan hingga peningkatakan SDM yang berkualitas.

Didampingi Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan, dan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Bupati Anas menyatakan pandangannya terhadap Unibraw yang dinilai sebagai kampus yang ekspansinya mampu mengcover seluruh aktivitas akademik maupun non akademik. Karena itu, Bupati Banyuwangi berkomitmen untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi guna menjadikan seluruh SDM masyarakat Banyuwangi berkualitas. Resources problem saat ini luar biasa dahsyat, begitu pula yang dialami Banyuwangi. Kami membutuhkan PNS yang berkualitas dan mampu membuat terobosan. “Siapa pun bupatinya, tanpa ada terobosan yang dibuat, tidak mungkin bisa berkompetisi,” urai bupati menyikapi kondisi saat ini.

Selanjutnya, program yang ditawarkan Unibraw akan disinergikan dengan program pemerintah daerah Banyuwangi. Sementara itu, Rektor Unibraw sangat mengapresiasi kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi.”Kami berharap kerjasama ini kedepannya dapat lebih meningkat, juga untuk bidang-bidang yang lain,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Anas bertemu dengan mahasiswa Unibraw asal Banyuwangi yang tergabung dalam Lare Banyuwangi Berprestasi (LBB). Dalam pertemuan tersebut, Ketua LBB, Hadi Setiawan, Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Unibraw meminta Bupati untuk lebih peduli terhadap mahasiswa asal Banyuwangi yang berprestasi . Misalkan menyediakan lapangan kerja setelah mereka lulus juga kalau bisa menyediakan kantor sekretariat di Malang. Menjawab permintaan LBB, Bupati berjanji akan lebih memprioritaskan lapangan kerja bagi mahasiswa asal Banyuwangi. “Untuk itu saya minta, setelah tamat kuliah jangan berkarir di daerah lain, tapi kembalilah ke Banyuwangi. Mari kita bangun Banyuwangi bersama-sama,” ajak Bupati Anas. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :