Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Dilakukan Secara Virtual

Senin, 17 Agustus 2020


BANYUWANGI - Ada yang berbeda dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi yang digelar pada Senin, 17 Agustus 2020. 
Biasanya Banyuwangi menghelat upacara besar yang melibatkan banyak orang dari berbagai elemen. Kali ini cukup upacara secara virtual yang dipandu langsung dari istana negara Republik Indonesia.
Secara bersamaan, upacara virtual ini diikuti para kepala daerah di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Masing-masing kepala daerah terlihat dalam layar yang menyiarkan upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo tersebut. 
Urutan tata laksana upacara tak ada yang berubah. Hanya saja, pesertanya dibatasi dan tetap menggunakan standar protokol kesehatan. Hal itu untuk mencegah meluasnya penyebaran covid 19.
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas terlihat mengikuti upacara tersebut dengan khidmat, didampingi Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, Danlanal Letkol Laut (P) Joko Setiyono dan Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono. 
"Upacara virtual semacam ini adalah hal baru bagi kita semua. Namun ini adalah upaya terbaik yang diambil untuk menghindari  penyebaran covid 19. Meski virtual namun tak mengurangi makna di dalamnya. Dan kita pun tetap bisa merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus dengan cara baru namun tetap berkesan," tandas Anas.
Sore nanti, upacara serupa secara virtual masih akan digelar saat penurunan bendera merah putih. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :