Wabup Yusuf Hadiri Wisuda IAIDA Blokagung

Senin, 12 November 2018


BANYUWANGI -  Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung, Banyuwangi kembali  menelorkan sarjana-sarjana baru dari berbagai bidang akademik. Sedikitnya ada 287 orang yang hari ini di wisuda dan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko hadir langsung dalam acara yang digelar di halaman kampus IAIDA Blokagung,Senin (12/11).

Para wisudawan yang diwisuda tersebut, terdiri sarjana strata satu (S1) dari tiga fakultas. Yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dalam kesempatan inim Wabup Yusuf mengajak para fresh graduate ini ikut membangun Banyuwangi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan para sarjana dari fakultas yang berbasic agama Islam ini. Misalnya fakultas ekonomi dan bisnis Islam bisa bersinergi dengan program-program pemkab Banyuwangi untuk memulai bisinis baru. “Pekerjaan tidak harus menunggu ada lowongan tapi harus bisa inovatif,” kata Wabup.   

Beberapa waktu, lanjut Wabup, pemkab Banyuwangi pun telah membuat Agribusiness Startup Competition). Sebuah program yang diperuntukkan untuk anak muda agar terjun membuat bisnis di bidang pertanian. “Moment-moment semacam ini bisa dimanfaatkan anak-anak muda untuk kreatif menciptakan usaha ataupun merintis bisnis baru,” kata Wabup.

Sementara itu, Rektor IAIDA Blokagung, KH Ahmad Munib Syafaat mengatakan, menyampaikan terima kasih atas apresiasi pemkab Banyuwangi kepada institusinya. Untuk menghasilkan sarjana yang kompeten dibidangnya, pihaknya terus melakukan peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pengajarnya, dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saat ini ada 21 dosen yang direkomendasikan untuk meneruskan studi S3 dan bekerjasama dengan Kemenag, Kemenristekdikti dan Kemekeu RI," KH Ahmad Munib.

Yang menarik dari prosesi wisuda ini, sehari sebelum prosesi wisuda diadakan khotmil quran, oleh 20 orang huffadz dan hafidzoh. Harapannya, prosesi wisuda berjalan lancar dan ilmu yang di dapat selama kuliah di kampus tersebut bermanfaat.(*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :